Iklan

PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik

Sunday, 7 October 2012

Cara Mudah Menghafal Al Qur'an, Metode Sederhana Menghafal Al Qur'an: Langkah Kecil Menghafal Al Qur'an, Sehari 3 Ayat

Telah menjadi kebiasaan para ulama' salaf untuk memulai belajar dengan menghafal al qur'an. Maka tidak mengherankan jika Para Ulama terdahulu sejak usia dini telah hafal al qur'an. Hal ini karena al qur'an adalah sumber utama ilmu yang akan menyelamatkan seseorang dari carut-marut kehidupan ini. 

Ketika kita membaca profil-profil seorang ulama yang menakjubkan hati kita, tentu kehidupan para ulama itu tidak jauh dari Al Qur'an. Mereka selalu menggunakan Al Qur'an sebagai Konstitusi Tunggal bagi kehidupanya. Mereka selalu mencurahkan segala daya dan upaya untuk terus erat-erat memegang Al Qur'an dan As Sunnah sebagai jalan hidupnya. Sehingga kita tahu, walaupun mereka sudah meninggal, tetapi keteladananya dalam menapaki hidup di Jalan Islam, lewat Al Qur'an dan Al Hadits, begitu menggetarkan hati ini.


Cara Mudah Menghafal Al Qur'an


Keutamaan Penghafal Al Qur'an
Penghafal Al Qur'an mempunyai keutamaan tersendiri baik di dunia, di alam kubur ataupun di akhirat nanti. Keutamaanya di dunia sebgaimana disabdakan Nabi.
Yang mengimami suatu kaum adalah yang paling pandai terhadap kitab Alloh..."
(HR. Muslim)
Adapun keutamaan di alam kubur dapat kita ketahui dalam kisah erang uhud. Ketika kaum muslimin banyak yang terbunuh, para sahabat merasa kesulitan untuk mengubur mereka satu persatu. maka Nabi mengijinkan untuk menguburkanya dua atau tiga orang sekaligus dalam satu kuburan. Bahkan Nabi sendiri yang memimpin acara penguburan tersebut. Ketika mayat telah didatangkan beliau bertanya:

Siapa diantara mereka yang paling banyak hafalan Al Qur'anya? Jika telah ditunjukkan salah seorang diantaranya, beliau memerintahkan yang paling banyak hafalanya, untuk didahulukan.
(HR. Bukhori)

Al Khotib Al Baghdadi berkata, 
"Selayaknya bagi setiap penuntut ilmu memulai dari menghafalkan Al Qur’an. Karena Al Qur’an adalah ilmu yang paling mulia dan yang paling pantas didahulukan."


Beberapa hal agar kita mudah dalam menghafal,
  • Mengikhlaskan niat
  • Menghafal hanya untuk meraih diridho Alloh. 
  • Banyak mengulang-ulang hafalan.

    Jika penghafal Al Qur'an melakukan sholat lalu embaca Al Qur'an baik siang ataupun malam ia akan bisa mengingatnya, jika tidak demikian maka ia akan melupakanya
    (Silsilah Shahihah no. 597)


    Jagalah Hafalan Al Qur'an, sesungguhnya ia lebih cepat terlepas, daripada onta yang terlepas dari tambatanya.

    (HR. Syaikhani)
  • Menghafal dengan menggunakan satu mushafHal ini memudahkanya untuk menghafal ayat, karena ingatan di benaknya tentang letak satu ayat dalam mushaf tidak akan berubah-ubah.
  • Waspada dari kemaksiatan
  • Bersabar dalam menghafalKesabaran dalam menghafal ini merupakan tuntutan yang seharusnya ada saat seseorang menapaki keistiqomahan.
  • Mulai dari hal yang kecil 


Mulai dengan Sehari 3 Ayat Al Qur'an
Memang gerakan sehari tiga ayat ini merupakan hal yang ringan bagi sebagian orang, atau merupakan hal yang berat bagi sebagian orang juga. Berat dan ringannya itu tergantung iman masing-masing. Kalau lah seseorang mengerti faidah dari menghafal Al Qur’an tentulah dia akan merasa ringan untuk terus bersanding dengan Al Qur’an dan menghafalnya, dan bahkan untuk memahaminya. Langkah yang kecil ini diharapkan menjadi suatu hembusan angin segar pada diri kita untuk mau dan mampu memahami Al Qur’an dalam kehidupan kita. Salah satu syarat kita bisa aman dari perselisihan yang banyak di akhir zaman adalah kita memegang teguh Al Qur’an.

Menghafal Al Qur’an sejak dini sangat dibutuhkan bagi seorang muslim untuk mempermudah langkah berikutnya untuk dapat fakih terhadap dinul islam. Semoga langkah kecil ini dan beriring dengan niat yang benar kita hanya untuk  menggapai ridho Alloh Swt, mampu mengantarkan kita sebagai muslim sejati. Karena memang petunjuk bagi seorang muslim itu adalah pada dua hal yaitu Al Qur’an dan Al Hadits. Kalau kita meninggalkanya.. maka kita akan tersesat sejauh-jauhnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wa ssalam bersabda, “Aku tinggalkan ditengah-tengah kalian dua perkara. Selama kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah (al-Qur’an) dan Sunnahku (hadits).”
(HR. Malik, derajat hadits ini hasan)

Al Qur’an adalah kemuliaan yang paling tinggi. Al Quran adalah kalam Alloh Subhanahu wa ta'ala. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah, Al-Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Tidak ada keburukan di dalamnya, oleh karena itu sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. 
Rasulullah SAW bersabda, 
Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya"



Kapan Mulai Menghafal Al Qur'an?
Kita harus memulainya sekarang, untuk dapat memahami Al Qur'an.. kalau tidak.. kapan lagi?? dengan memulai langkah kecil ini.. insyaalloh beriring keistiqomahan yang kita lakukan.. kita bakal sampai kepada suatu taraf seseorang yang bersahabat dengan Al Qur'an.. yang mampu menghafal Al Qur'an.. terlebih lagi mampu mengerti, memahami Al Qur'an.

Langkah kecil itu adalah kita mulai dari hal yang kecil.. mulai dari sekarang yaitu mulai dari sehari tiga ayat saja. Insyaalloh kalau sudah terbiasa dengan jujur mengisi, jujur dalam laporan yang anda buat sendiri dari hafalan Al Qur'an anda, dan benar-benar istiqomah dalam menghafal, maka...



Maka insyaalloh dalam waktu hanya 6 tahun, bahkan kurang dari 6 tahun, kita dapat menghafal Al Qur'an.. Bukankah ini merupakan kabar gembira bagi anda..?? 

Ingat.. proses dalam menggapai langkah untuk fakih / pandai dalam islam, maka waktu 6 tahun itu bukanlah waktu yang lama.. karena hasilnya tentu sangat kita butuhkan bagi petunjuk kehidupan kita..di dunia dan akhirat...


Metode Sederhana Menghafal Al Qur'an
Metode ini sederhana, kita hanya menghafal sehari 3 ayat Al Qur'an.. untuk memandu anda memulainya dari sekarang, saya membantunya dengan dua file yang mesti anda download.

1) Download File Rekapitulasi Harian Hafalan anda DISINI, 
Setelah anda download kemudian Print / Cetak File Tersebut.. kalau ingin memperbanyak dan mengajak orang lain untuk menghafal silahkan difotokopi. File Ini merupakan draft hafalan yang setiap harinya kita isi progresnya minimal 3 ayat. 

Rekapitulasi Harian Hafalan ini adalah draft pribadi.. sebaiknya untuk menjaga niat kita dalam menggapai ridho Alloh,, rahasiakan dulu pengisianya dan hanya anda orang yang tahu pengisian itu. Tetapi walaupun anda yang tahu tentang isian itu, dan anda yang mengisinya sendiri.. biasakan jujur dalam pengisian. Kita tidak hanya melatih diri untuk menghafal Al Qur'an, tetapi kita juga latihan untuk jujur. 


Rekapitulasi Harian Hafalan Al Qur'an -

Teknik Pengisian File Rekapitulasi Harian,
Teknik Pengisian, silahkan anda pilih, mengisi pada kolom Rekapitulasi harian, tiap dua hari sekali atau tiap hari. Sesuai dengan metode sehari 3 ayat, maka
  • Jika anda memilih tiap hari, maka anda mengisi progressnya 3 ayat tiap harinya (minimal), jika anda punya kemampuan lebih.. silahkan pada hari-hari tertentu diperbesar progressnya lebih dari 3 ayat.
  • Jika anda memilih 2 hari sekali, maka anda mengisi progressnya 6 ayat (minimal), jika anda punya kemampuan lebih.. silahkan pada hari-hari tertentu diperbesar progressnya lebih dari 6 ayat.

Isian Rekapitulasi Harian
Yang di Isikan tiap2 kolom itu.. adalah ayat terakhir yang dihafal dengan syarat urut dimulai ayat 1. Terserah surat mana yang mau diselesaikan dahulu... atau kalau anda jenuh.. silahkan pada surat lain.. Pokoknya jangan sampai tiap harinya kosong, dari minimal menghafal 3 ayat.

Isi Kertas ini tiap mau tidur malam, atau ketika anda qiyamul lail (sholat tahajjud), atau mungkin terserah anda waktu yang anda pilih.. dan itu ditetapkan tiap harinya.

Contoh Pengisian Rekapitulasi Harian:
Anda mengisi Pada Surat Ali Imron dengan No. Surat (3) pada tanggal 10 maret 2013 diisi ayat terakhir yang dihafal adalah 6. 

Cuplikan Isi Rekapitulasi harian, dan Cara Pengisian



Sebelum Pengisian anda mesti mengulang baca Surat Ali Imron itu dari ayat 1 sampai ayat 6...dengan menghafal.... 

Setelah Genap satu bulan pada Rekapitulasi Harian, maka isikan ayat terakhir yang dihafal pada bulan itu ke Rekapitulasi Bulanan yang ada di file Ecxel di bawah ini.






2) Download File Ecxel tabulasi hafalan Al Qur'an, Download DISINI
File Ecxel ini merupakan tabulasi hafalan Al Qur'an yang telah kita jalani. File ini saya buat untuk mempermudah anda dalam memetakan seberapa jauh perjalanan anda dalam membaca Al Qur'an dan kurang berapa lama lagi anda dapat mampu menghafal Al Qur'an secara keseluruhan. Karena ketika saya upload menggunakan Docstoc, file ecxel tidak dapat ditampilkan secara utuh, maka file tidak saya tampilkan di posting ini. Tetapi langsung Download saja, agar dapat kalian buka di komputer anda, dan pelajari secara langsung. 

File Ecxel ini terdapat:
  • Rekapitulasi Jumlah Ayat dan Jumlah Surat di dalam Al Qur'an
  • Tabel Rekapitulasi Bulanan 
  • Tabel Rekapitulasi Hafalan Al Qur'an selama ini (final).
Cuplikan Rekapitulasi Jumlah ayat di dalam File Ecxel

Cuplikan Isi Rekapitulasi Bulanan, dan Cara Pengisian

Setelah anda mengisi pada Rekapitulasi Bulanan anda, maka secara otomatis akan memetakan hafalan anda selama ini pada lembar berikutnya yaitu Rekapitulasi Hafalan (final). Tabelnya seperti di bawah ini.

Cuplikan Isi Rekapitulasi Hafalan Final


Cara Download File di Ecxel
  • Setelah Klik DISINI
  • Klik Download

Cara Download Program Rencana Menghafal Al Qur'an

No comments:

Post a Comment

Popular Posts