Iklan

PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik

Friday, 28 September 2012

Sambungan Rel Kereta Api, Fungsi Sambungan, Panjang Pemuaian Rel pada Siang Hari dan Pagi Hari.

Sambungan Rel Kereta Api

Ketika anda mengetahui bongkahan rel kereta yang berjajar.. tentu anda akan mendapati rel tersebut merupakan bongkahan besi yang kuat... bagaimana tidak, setiap hari rel itu menumpu puluhan ton berat dari gerbong-gerbong KA. Ada gerbong yang bahkan beratnya sampai pada 70 ton (70,000 kg) yaitu pada Gerbong Lokomotif, dan sekitar 30 ton (30.000 kg) pada gerbong penumpangnya. Bayangkan kekuatan sebesar itu...ya.. memang..bahan yang kuat seperti itu.. hanya mampu ditopang oleh bahan baku besi.

Kita ambil contoh tahun 2012 ini yang beroperasi adalah Lokomotif dengan kode CC 201(lokomotif untuk KA. Rapih Dhoho, Penataran), CC203 (Lokomotif untuk KA. Senja Singosari), CC204 (lokomotif untuk KA. Gajayana).


CC 201
Lokomotif CC 201

  • Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
  • Panjang body: 14134 mm
  • Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
  • Lebar badan (body): 2642 mm
  • Tinggi maksimum: 3636 mm
  • Jarak gandar: 3304 mm
  • Jarak antar pivot: 7680 mm
  • Diameter roda penggerak: 914 mm
  • Diameter roda idle: -
  • Tinggi alat perangkai: 770 mm
  • Berat Kosong: 78 ton
  • Berat siap 84 ton
  • Tipe: GE-7FDL8 ( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
  • Kecepatan Maksimum: 120 Km/jam
  • Gaya Tarik Maksimum (adhesi) 17640 kgf
  • Kecepatan minimum kontinue: 24km/jam
  • Bahan Bakar: 3028 liter
  • Minyak Pelumas: 984 liter
  • Air Pendingin: 648 liter

Lokomotif CC203


Lokomotif CC 203



CC204
Lokomotif CC 204



Tipe Mesin : GE 7FDL 8
  • Jenis : 4 Langkah 2 tingkat turbocharge
  • Daya Mesin : 2350 HP
  • Sistem Rem : Udara tekan, dinamik, parker
  • Tipe Kompresor : Gardner Denver WBO
  • Jumlah Motor Traksi : 6
  • Berat Adhesi : 84 ton
  • Kecepatan maksimum : 120 km/jam
  • Gaya tarik maksimum : 14500 Kgf
  • Bahan Bakar (HSD) : 3028 lt
  • Minyak Pelumas : 984 lt
  • Air Pendingin : 681 lt
  • Pasir : 510 lt
  • Track Gauge : 1067 mm
  • Panjang Body : 14134 mm
  • Lebar Body : 2642 mm
  • Tinggi Maksimum : 3636 mm

Sedangkan gerbong penumpang, berat kosong gerbong penumpang ini sekitar 30 ton, bayangkan bila berjejer hingga 10 gerbong, totalnya berapa ton?? belum lagi dari berat gerbong barang, dan gerbong makan. Inilah yang membuat saya heran, dan mungkin kalian pun heran.. apakah gerangan?? bahan yang terdapat pada rel kereta api?? wah.. kuat sekali ya???


Sambungan Rel KA.
Sambungan Rel Kereta Api, mungkin bagi sebagian anda tidaklah begitu memperhatikan tentang sambungan rel KA, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sambungan rel tersebut, dan panjang pemuaiannya. Kalau kita enggan memperhatikan kondisi realitas alam sekitar, maka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelajaran dari tanda-tanda kekuasaan Alloh Swt.

Apa fungsinya?? sambungan Rel KA....
Lihat gambar berikut ini:
Dokumentasi Inet: Rel Melengkung-lengkung

Tahukah anda?? rel itu melengkung-lengkung bukan karena rel kereta itu tidak kuat lagi menopang berat KA. yang melintas.. tetapi pemuaian yang terjadi karena terpaan sinar matahari. Kok bisa?? ya..?? Begini sekuat apa pun rel kereta api itu, kalau sudah terkena sinar matahari, maka akan terjadi pemuaian.. berapa panjanganya??? nah... masalah panjangnya itu tergantung dari densitas suatu bahan dalam suatu komponen rel kereta api, serta intensitas sinar matahari (candela). Ketika kedua hal ini sudah memenuhi syarat (terjadi pemuaian).. maka rel kan molor semakin panjang...

Untuk mengatasi hal itu, makakanya rel KA. itu dibuat sambungan-sambungan.. untuk mengantisipasi adanya pemuaian rel KA.

Dokumentasi Detik: Pemutusan Rel, untuk membuat sambungan rel KA.

Seperti Apa Model Sambungan rel KA. itu?? dan seberapa besar pemuaianya?? Maka untuk dapat melihat seberapa besar pemuaianya atau seberapa kuat cahaya matahari bisa melunakkan rel kereta sekalipun.. saya menunjukkan kepada anda tentang dua hal yaitu:
Foto saat pagi hari dan Foto Saat Siang Hari

Foto Saat Pagi Hari

Sambungan Rel Kereta Api pada pagi Hari


Sambungan Rel Kereta Api di pagi hari sekitar pukul 09.00

Sambungan Rel Kereta Api di Pagi Hari sekitar pukul 09.00


Foto Saat Pagi Hari
Bagaimanakah jika diambil pada siang hari??bagaimana bentuk sambungan itu??Anda tentu bisa memperkirakan sendiri sebesapa panjang pemuaianya.

Sambungan Rel Kereta Api pada siang hari

Sambungan Rel Kereta Api pada siang hari pukul 13.00


Alloh Swt yang telah menciptakan matahari, Dan seluruh alam semesta ini semuanya bertasbih kepada Alloh Swt. Tidakkah kita memahami,, bahwa tujuan hidup kita adalah untuk mencari ridho alloh swt. dengan tauhid, dengan beribadah kepadanya, dengan islam.. Renungkanlah.. begitulah kekuasaan Alloh Swt. yang telah menciptakan matahari.. yang dengan cahanya dapat melunakkan besi, sehingga terdapat pemuaian.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Robb kami.., tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Qs. Ali Imron: 190-191)
Subhanalloh.. Alloh lah yang telah menciptakan besi.. sehingga bermanfaat bagi kehidupan kita. Alloh lah yang mengetahui segala kebutuhan kita..

....Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Alloh mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Alloh tidak dilihatnya. Sesungguhnya Alloh Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Qs. Al Hadid: 25)

Sudahkah kita berdo'a kepadaNya?? sudahkah kita memenuhi perintahNya?? Sudahkah kita mempersiapkan niat untuk meraih ridhoNya?? sudahkah ???

2 comments:

  1. BESARNYA PEMUAIAN PANJANG REL KERETA API DAPAT DIHUTUNG DENGAN RUMUS MUAI PANJANG:
    L1=L0(1+a(t1-t0)

    ReplyDelete
  2. makasih gan info mengenai kereta api banyak sekali di blog agan, ada 4 soal KA yang ane baca hari ini.

    ReplyDelete

Popular Posts